Jual Timah Solder OYAIDE SS-47 100gram (High Fidelity Audio Grade Solder) asli Made In Japan

Jual Timah Solder OYAIDE SS-47 100gram (High Fidelity Audio Grade Solder) asli Made In Japan

SISTEM TATA SUARA & AKUSTIK: Membeli Peralatan Sound Systems atau Perbaikan Akustik Ruang? (bagian 2)

Ketika sebuah gereja dibangun, biasanya pada bagian interior dibuat dengan permukaan yang rata dan keras (dinding, langit-langit, lantai). Permukaan keras seperti ini akan memantulkan gelombang suara. Sifat geometris permukaan (komposisi materi, ukuran, bentuk) dalam sebuah ruang akan mempengaruhi tiap-tiap frekuensi suara secara berbeda.

Sehubungan dengan permasalahan yang disebabkan oleh akustik, banyak orang berpendapat bahwa pemasangan sound system akan menyelesaikan persoalan akustik tersebut. Dengan menggantung sepasang speaker, ditambah amplifier, mixer maka akan menghasilkan suara seperti yang kita inginkan. Faktanya beberapa sound system gereja yang tidak didesain dengan baik malah membuat masalah akustik menjadi lebih buruk! Hal ini disebabkan karena walaupun peralatan sound system tidak menimbulkan masalah akustik, tetapi dapat memperjelas gangguan akustik yang sudah ada. Sebuah sound system dalam sebuah ruang kebaktian pada dasarnya berfungsi menaikkan volume suara orang atau musik. Ketika suara pendeta berkotbah sebelum dikuatkan oleh perlengkapan sound system mungkin terdengar cukup baik dan tidak terdengar gema/ gaung yang berlebihan, tetapi ketika diperkuat dengan peralatan sound system akan terdengar ruangan tersebut begitu bergaung. Hal ini bersumber dari suara yang telah dikuatkan tersebut.

Ruangan yang semua permukaannya diberi karpet akan menghasilkan suara yang terlalu “boomy” karena karpet akan menyerap lebih banyak frekwensi tinggi dibandingkan frekwensi rendah. Tidak ada satupun perlengkapan sound system (peralatan elektronik murni) tanpa penerapan akustik yang dapat mengatasi suara “boomy” seperti ini.

Jika ruangan dengan dua dinding paralel mempunyai permukaan yang rata maka gelombang suara akan terpantulkan bolak balik diantara kedua dinding ini dengan cepat (pada kecepatan suara), sehingga menghasilkan gema yang terdengar seperti bunyi bola ping-pong bola yang memantul pada permukaan keras. Dalam contoh inipun tidak ada perlengkapan sound system (peralatan elektronik murni) yang dapat menghilangkan gema seperti ini.

Sebuah ruangan ber-AC yang dihasilkan dari blower udara dingin dan kompresor di salah satu sisi bagian luar dinding. Suara yang dihasilkan dari perlengkapan AC dapat cukup menggangu anda, walaupun pada saat sound system dapat menghasilkan bunyi yang lebih keras daripada bunyi dari perlengkapan AC ini. Untuk itu penempatan peralatan AC yang baik merupakan cara pemecahan paling baik. Anda tidak dapat menyelesaikan masalah akustik dengan perlengkapan sound system.

Sebagai jawaban untuk pertanyaan sebelumnya: membeli Peralatan Sound Systems atau Perbaikan Akustik Ruang, mana yang lebih penting?, akustik ruang sangat penting, bahkan lebih penting daripada sound system. Tentu saja dalam mendesain sound system gereja hanya dapat berfungsi optimal jika didukung oleh batasan-batasan akustik yang baik. Artinya dalam mendesain sound system gereja perlu melibatkan aspek akustiknya secara bergandengan tangan dan akhirnya merasakan pengalaman beribadah penyembahan yang lebih baik. Ingatlah, sound system akan menguatkan seluruh sumber suara yang ada. Baik atau buruknya akustik ruang, sound system dapat menampilkan gambaran umum tentang akustik ruang tersebut.

Jadi sebelum anda mulai menginvestasikan dana gereja untuk membeli perlengkapan sound system, pastikan untuk memperhatikan akustik ruang kebaktian yang ada. Jika diperlukan anda dapat meminta bantuan seorang ahli akustik professional untuk menganalisa ruang kebaktian tersebut. Hal ini mungkin menghabiskan biaya sedikit lebih besar pada mulanya, namun akhirnya akan lebih bermanfaat.