Jual Timah Solder OYAIDE SS-47 100gram (High Fidelity Audio Grade Solder) asli Made In Japan

Jual Timah Solder OYAIDE SS-47 100gram (High Fidelity Audio Grade Solder) asli Made In Japan

AKUSTIK: Sumber Suara

Sumber suara yang seringkali ditemukan dalam ruang kebaktian adalah suara pembicaraan/percakapan, nyanyian, dan suara dari berbagai alat musik. Suara pembicaraan dan nyanyian dapat terdiri dari suara pria atau wanita, keras atau lembut, tunggal atau banyak, dll. Alat musik mungkin terdiri dari gitar akustik sederhana hingga kumpulan orkestra penuh. Suara dari kaset/CD player pun banyak digunakan.

Selain ada suara yang diinginkan juga ada sumber suara yang tidak diinginkan yang mungkin terjadi seperti: AC, dengung dari lampu, suara berisik di sekitar jemaat, suara dari jalan raya, dll. Beberapa suara yang seharusnya diinginkan mungkin menjadi masalah bagi yang lainnya seperti suara organ yang terlalu kuat hingga mengalahkan paduan suara.

Speaker yang merupakan bagian dari sistem tata suara haruslah disesuaikan penempatannya. Speaker merupakan sumber suara yang diinginkan tetapi tidak boleh berdekatan dengan mikrofon sebab akan terjadi umpan balik (feedback).

Faktor akustik dalam ruang kebaktian penting seperti halnya sumber suara. Akustik dipengaruhi oleh bentuk geometri ruangan, permukaan materi interior ruang, juga kehadiran jemaat. Sifat akustik secara alami memberikan pengaruh positif dan negatif terhadap suara percakapan, alat musik, dan speaker sebelum dicuplik ulang oleh mikrofon dan didengar oleh jemaat. Ada sebagian suara yang diserap dan ada yang dipantulkan. Pantulan yang terlalu banyak akan berkontribusi menjadi suara yang tidajk diinginkan seperti dengung, gaung, dan standing wave.