Jual Timah Solder OYAIDE SS-47 100gram (High Fidelity Audio Grade Solder) asli Made In Japan

Jual Timah Solder OYAIDE SS-47 100gram (High Fidelity Audio Grade Solder) asli Made In Japan

AKUSTIK: Bentuk Ruang Kebaktian Gereja

Dalam kegiatan ibadah di gereja, ruang kebaktian merupakan tempat sarana berkomunikasi (verbal, musik dan emosional) diantara pendeta, pemusik, paduan suara, jemaat, dll. Pendeta mengkomunikasikan kotbahnya kepada jemaat, Pemimpin liturgi/MC berkomunikasi dengan para pemain musik dan mengajak jemaat bernyanyi dalam lagu-lagu pujian. Pemain musik mengkomunikasikan nada-nada suara dari instrument musik untuk secara simultan menambah pengalaman beribadah secara emosional, dan lain-lain.

Dalam hal ini komunikasi tersebut sangat dipengaruhi oleh akustik dalam ruangan. Akustik adalah cabang ilmu fisika yang mempelajari mengenai suara dan sifat-sifat fisisnya dalam suatu lingkungan. Suatu ruangan dikatakan memiliki sifat akustik yang baik jika suara dapat dihantarkan sesuai dengan yang kita inginkan. Dalam ruang kebaktian yang mempunyai akustik yang baik maka suara verbal dan musik dapat terdengar jelas dan enak didengar.

Sifat akustik ini dipengaruhi oleh bentuk arsitektur ruangan, permukaan materi yang melingkupinya, dan jumlah orang yang berada dalam ruang tersebut. Suara berbentuk gelombang yang akan merambat kemudian akan memantul bila mengenai permukaan benda yang keras atau akan diserap jika mengenai benda yang lunak.

Beberapa ruangan dikatakan berdengung (live), Suara seorang pendeta yang berkotbah yang berkata-kata di tempat besar dengan dinding yang keras (kaca , marmer , keramik,, dll ) akan dipantulkan selama beberapa waktu sebelum mengecil hingga akhirnya hanya terdengar dengungan (tetapi tidak dapat dipahami) yang tesebar dimana-mana. Sama halnya, bunyi dari perkataan orang di ruangan dengan dinding lunak (gorden , carpet, bantal tempat duduk , orang-orang, ubin akustik, dll ) akan tidak banyak memantul sebelum habis terserap. Ruangan yang terlalu berdengung akan berpengaruh pada tingkat kejelasan suara.