Jual Timah Solder OYAIDE SS-47 100gram (High Fidelity Audio Grade Solder) asli Made In Japan

Jual Timah Solder OYAIDE SS-47 100gram (High Fidelity Audio Grade Solder) asli Made In Japan

INSTALASI SOUNDSYSTEM: Seberapa pentingkah perencanaan infrastruktur dalam Proyek AudioVideo

Dalam mendesain sistem audio-video yang kompleks, seorang desainer / kontraktor audio-video membutuhkan pengetahuan tidak hanya mengenai produk dari masing masing perangkat audio dan video yang akan dipakai ataupun bagaimana interkoneksinya, tetapi juga perlu diperhatikan bangunan (/akustik) di mana mereka akan diintegrasikan dan teknologi lainnya (/jaringan internet)dimana semuanya itu harus terintegrasi dengan baik. 

Salah satu yang bagian paling penting dari sebuah sistem audiovideo yang sukses adalah desain infrastruktur! Instalasi yang efisiensi, dan berfungsi secara baik serta dapat dipergunakan secara mudah oleh pengguna salah satunya dipengaruhi oleh infrastruktur untuk mendukung teknologi yang dibutuhkan. 


Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam perancangan AudioVideo System:

  1. Parit / ciping di lantai, dukting / protector kabel: perlu diperhatikan ukuran, penempatan dan jenisnya yang ditentukan oleh ukuran kabel yang dibutuhkan oleh peralatan audiovideo (biasanya jumlah kabel-kabel yang terpasang untuk instalasi audio video dapat mencapai 2 sampai 10 kali lebih banyak dari LAN atau kabel telepon). 
  2. Saluran kabel yang melalui pipa ducting dan kabel tray di atas plafon 
  3. Konstruksi bangunan: perkuatan dinding untuk pemasangan display panel datar, struktur pendukung di atas plafon, 
  4. Pencahayaan: biasanya berhubungan dengan tampilan proyektor / monitor, perl diperhatikan jenis lampu yang dipergunakan, arah cahaya, intensitas cahaya, dimer lampu, dan suhu warna lampu (warm, cooldaylight). Untuk perangkat proyektor untuk presentasi di ruang rapat misalkan dibutuhkan kira-kira intensitas cahaya lampu yang baik digunakan untuk membaca namun tidak menggangu sinar proyektor. Dalam hal ini perlu diperhatikan arah lampu yang dapat menyorot ke daerah meja rapat, dan tidak menyebar ke arah layar proyektor. Juga Intensitas cahaya yang dipergunakan. 
  5. Instalasi Listrik: besar tegangan / arus listrik, panel listrik, lokasi outlet. Saluran listrik untuk audio dan video sebaiknya terpisah dengan saluran untuk lighting. Dalam hal ini untuk mencegah noise yang ditimbulkan oleh rangkaian lighting masuk ke perangkat audio, dan mencegah timbulnya gambar bergelombang pada layar proyektor. 
  6. Desain Interior: warna dinding, finishing, mebel, tata letak ruang dan lokasi peralatan rak mempengaruhi estetika dan kegunaan dari ruangan. ·
  7. Plafon / Langit-langit: penempatan sprinkler, ventilasi HVAC, lampu 
  8. Akustik - tingkat suara, gema, penyerapan suara dan echo sehubungan dengan sound system yang digunakan. Sebuah ruang yang sempit namun memanjang dapat memiliki gema suara atau gema yang akan mendistorsi kejelasan. 
  9. HVAC: penempatan mesin, tingkat kebisingan, getaran dan BTU yang dihasilkan agar tidak menggangu kenyaman.
Desain awal infrastruktur yang baik akan memberikan support bagi system audiovideo secara keseluruhan, dan mencegah kerusakan atau permasalahan.